5 Cara Simpel Mengatasi Nasi Gampang Basi dan Kering di Rice Cooker

  • Whatsapp

5-cara-simpel-mengatasi-nasi-gampang-basi-dan-kering-di-rice-cooker

Penanak nasi listrik sudah menjadi kebutuhan masyarakat yang hidup di era modern. Memasak nasi tidak perlu butuh waktu yang lebih lama di atas tungku kompor. Tinggal cuci beras dengan bersih, tambahkan air sesuai aturan dan tunggu nasi matang secara otomatis. Jauh lebih praktis, bukan? Rice cooker Miyako bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin memasak dengan cepat dan mudah.

Read More

Dengan memilih rice cooker terbaik, kemungkinan nasi berubah menjadi cepat basi, kuning dan kering menempel di panci tidak akan terjadi. Namun, Anda bisa mencoba beberapa tips aman membuat nasi tidak mudah basi sebagai berikut:

1. Memakai perasan jeruk lemon

Agar bisa membuat nasi tidak mudah basi di rice cooker, Anda bisa menambahkan perasan jeruk nipis. Saat memasak beras, Anda bisa langsung memasukkan beberapa tetes jeruk lemon yang bisa membuat tekstur nasi menjadi lebih pulen. Selain itu, warna nasi yang mudah kuning tidak akan terjadi, lho! Dijamin nasi menjadi lebih putih dan tidak gampang bau atau basi.

2. Memastikan pencucian beras secara bersih

Bukan rice cooker Miyako yang membuat nasi Anda menjadi lebih mudah basi, namun kualitas beras yang Anda gunakan. Tentu kualitas beras sangat mempengaruhi hasil tanakan nasi. Selain itu, Anda juga harus melakukan teknik mencuci beras dengan bersih. Beras yang dicuci secara bersih bisa menghasilkan nasi yang lembut dan putih alias tidak gampang berwarna kuning.

3. Memasak sekali makan atau tidak membiarkan nasi berada di rice cooker seharian

Rice cooker merupakan alat penanak nasi paling efisien yang membantu masyarakat Millenial. Namun, Anda harus tahu bahwa tips membuat nasi tidak mudah berubah menjadi kuning adalah memasak sekali makan saja.

Saat Anda ingin makan siang atau malam hari, masak menggunakan rice cooker kembali. Memasak nasi seharian atau membiarkan nasi berada di dalam rice cooker panas selama lebih dari 12 jam bisa membuat nasi berubah kuning. Selain itu, nasi menjadi tidak sehat dikonsumsi Anda dan keluarga.

4. Mengaduk nasi saat proses memasak

Rice cooker akan menunjukkan tanda asap mengepul yang bisa menjadi acuan Anda untuk mengaduk nasi. Nasi yang masih dalam bentuk setengah mentah atau belum matang sepenuhnya bisa Anda aduk yang berfungsi menyebar uap di sela-sela nasi secara rata. Dengan mengaduk nasi saat proses memasak, maka hasil nasi akan lebih pulen, matang sempurna keseluruhan dan tidak mudah basi.

5. Gunakan alat penanak nasi yang berkualitas

Agar nasi yang Anda masak tidak mudah kering atau kuning, coba cek kembali kualitas alat penanak nasi yang digunakan. Di pasaran, ada banyak model penanak nasi dengan harga yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Mau harga murah atau mahal, Anda bisa memilih penanak nasi yang terbaik.

Sebaiknya pastikan penanak nasi memiliki kredibilitas yang telah terbukti atau terbuat dari bahan yang aman untuk menanak nasi. Pasalnya, elemen penanak nasi harus diperhatikan agar tidak berdampak buruk bagi kesehatan.

Beberapa tips mengatasi nasi yang mudah basi atau kering di rice cooker bisa Anda jadikan acuan. Nasi telah menjadi budaya konsumsi harian masyarakat Indonesia yang tidak bisa dilepaskan begitu saja. Orang Indonesia belum sarapan kalau belum makan nasi, bukan? Jadi, pastikan Anda memilih rice cooker Miyako yang telah terbukti berkualitas. Harga Miyako yang terjangkau bisa menjadi pilihan Anda yang ingin punya perkakas dapur murah tetapi menjamin kualitas masakan nasi tetap pulen, tidak mudah basi, kuning atau kering, ya!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *