Gambar oleh meineresterampe dari Pixabay

Cara agar kompor gas 1 tunggu tetap terlihat baru yaitu dengan melakukan perawatan. Untuk perawatan kompor pada dasarnya bisa dilakukan dengan cara yang sangat mudah dan praktis. Karena untuk proses yang dilakukan membutuhkan ketelatenan. Selain untuk menjaga kebersihan melakukan perawatan pada kompor juga penting untuk menjauhi kompor dari yang namanya kerusakan.

Kompor memiliki beberapa komponen yang ada di dalamnya, sehingga apabila tidak dirawat dengan baik tentu komponen akan mengalami kerusakan. Sehingga tidak akan bekerja sebagaimana mestinya. Sebab itulah penting bagi Anda untuk melakukan perawatan pada kompor secara rutin.

Cara Merawat Kompor Gas 1 Tungku Supaya Tetap Terlihat Baru

Meskipun kompor gas yang Anda gunakan sudah bertahun-tahun lamanya, namun Anda masih tetap bisa menciptakan pesan baru pada kompor gas. Apabila Anda melakukan cara yang tepat Salah satunya yaitu dengan melakukan perawatan secara rutin. Untuk perawatan yang dilakukan sangatlah beragam, sehingga Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut:

1. Bersihkan kompor setelah digunakan

Sangat disarankan bagi Anda untuk membersihkan kompor setelah digunakan karena memang tidak bisa dipungkiri bahwa saat kompor digunakan maka akan menyisakan noda-noda bekas sisa masakan ataupun minyak. Untuk membersihkannya pun juga sangat mudah, yaitu cukup dengan mengelap kompor saja, maka untuk kompor bersih bisa terlihat.

Sebaiknya jangan menunda kompor kotor dulu baru Anda membersihkannya. Karena selain membuat noda mengeras ,bahkan hal ini juga membuat noda berkerak. Dalam kondisi seperti ini maka noda tidak hanya sulit dihilangkan saja. Akan tetapi hal ini juga mampu merusak permukaan kompor. Bahkan hal yang lebih parahnya kondisi kompor yang kotor mampu memicu adanya karat.

2. Mencuci kompor secara berkala

Pada saat kompor tidak mau menyala, hal ini bukan karena disebabkan kerusakan yang lainnya. Akan tetapi juga bisa disebabkan akibat kondisi kompor yang tidak bersih atau terlalu kotor. Anda tidak perlu memanggil tukang servis karena ternyata Anda juga bisa mengatasinya sendiri. Caranya yaitu dengan mencuci kompor secara berkala.

Saat hendak mencuci, Anda dapat melepaskan bagian selang kompor dari gas, kemudian lepaskan dudukan kompor dan Anda bisa menyikat pada setiap bagian kompor untuk bisa mengangkat kotoran yang membandel. Anda juga bisa menggunakan sabun pencuci piring. Setelah itu dapat membilas kompor hingga bersih lalu jemur sampai kering.

3. Periksa kondisi selang

Melakukan pemeriksaan pada kondisi selang juga perlu dilakukan. Tujuannya yaitu untuk memastikan bahwa selang yang terhubung pada kompor tidak mengalami kendala. Cara yang bisa dilakukan Anda dapat memutar bagian gas supaya mendapatkan posisi yang tepat. Selain itu Anda harus memperhatikan dari segi keadaan karet pada selang gas. Apakah retak atau tidak, jika retak maka segera ganti dengan tenang yang baru

4. Bersihkan sekitar kompor

Untuk menciptakan kesan yang bersih dan higienis, ternyata tidak hanya membersihkan kompor saja. Akan tetapi Anda juga disarankan untuk membersihkan di sekitar area tempat kompor. Apabila area sekitar kompor tidak bersih tentu hal ini juga sangat berpengaruh terhadap kebersihan pada kompor. Sebab itu Anda disarankan untuk menjaga kebersihan dapur dengan sebaik mungkin.

Untuk menciptakan kompor yang bersih dan terjaga dengan baik, tentu mampu bertahan lebih lama. Oleh karena itu Anda tidak disarankan apabila bermalas-malas dalam membersihkan kompor. Hal ini dianggap sepele, namun apabila kompor terawat dengan baik tentu mampu memberikan kesan yang lebih higienis.

Ada beberapa rekomendasi tempat untuk pembelian kompor, misalnya saja seperti di JD ID. Karena disana terdapat banyak pilihan kompor yang bisa dipilih dan pasti untuk harga yang ditawarkan sangat terjangkau.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here